Monday, July 4, 2011

berapa lama kita dalam kubur renung2kanlah fikirkanlah :)

Bismillah, Alhamdulillah.
Ashsholatu wassalaamu'alaa rosuwlillah..

Assalaamu'alaykum wrh wbh...

Kisah saya ini Semoga bisa mjadi bahan perenungan.. Amin..

Awan sdikit mendung Sa'at itu, ketika kaki2 kecil Yani (Adk Tmn Semasa SMAku) brlari-lari gmbira diatas jalanan mnyeberangi Gang Kecil Kmpung Rumahnya.
Baju merahnya yg Kebesaran melambai-lambai ditiup angin. Tangan kanan nya memegang Eskrim smbil sesekali mngangkatnya kemulutnya utk dicicipi, smntara tagan kirinya mncengkram Ikatan sabuk celana Kakaknya (Tauhid Farukh, Kawanku).

Aku, Tauhid, Dan Yani memasuki wilayah pemakaman umum Di jln. Kaliwates Jbr, brputar sjenak ke kanan & kmudian duduk Diatas seonggok nisan "Hj Rajhwali binti Muhammad 1945-10-19:20- 01-1985"

"Dek, ini makam nenek mari kita brdo'a utk nenek" Kata Tauhid,
Yani melihat wajah kakanya, lalu menirukan tagannya yg mngangkat ke atas & ikut memejamkn mata seperti kita & Tauhid. Ia mndengarkn Tauhid brdo'a utk Neneknya..
"Kak, nenek waktu mninggal umur 50 tahun ya Kak?." Tauhid mengangguk sembari tersenyum, sembari memandang nisan Nenek-nya.

"Hmm, berarti nenek sudah mninggal 25 tahun ya Kak?" Kata Yani berlagak smbil matanya menerawang dan pikirannya seolah brhitung. "Ya, nenek sudah di dalam kubur 25 tahun. "

Yani memutar kepalanya, memandang sekeliling, bnyk kuburan disana . Disamping kuburan neneknya ada kuburan tua brlumut "Muhammad Zaini: 19-02-1882 : 30-01-1910"

"Mmm.. Kalau yg itu sudah mninggal 100 tahun yg lalu ya kak?", jarinya mnunjuk nisan dismping kubur neneknya. Skali lagi Tauhid mngangguk. Tangannya terangkat mengelus kepala Adik satu2nya. "Memangnya knp Dik ?" kita Tauhid menatap teduh mata Adknya. "Hmmm, Ayah semalam bilang, Bhwa kalau kita mati, lalu dikubur & kita byk dosa, kita akan disiksa dineraka"
kata Yani sambil meminta persetujuan kakanya. "Iya kan Kak?"
Aku cuma bisa trsenyum melihat percakapan mereka...
& Tauhid tersenyum smbil mnjwb, "Lalu?"

"Iya .. Kalau nenek bnyk dosa, berarti nenek sudah disiksa 25 tahun dong kak dikubur? Tp Kalau nenek bnyk pahalanya, brarti sdh 25 tahun nenek Bahagia dikubur... Ya nggak kak?" mata Yani berbinar kerana bisa mnjelaskn kpd Kakanya pndapatnya.
Tauhid trsnyum, namun sekilas tampak keningnya berkerut, tampaknya cemas . "Iya Dik, kamu pintar," katanya pendek.

Sepulang dari pemakaman, Hatiku gelisah ditmpt kwnku Tauhid, Kt2 Adknya mmbuat aku Merinding.. & aku pun brpamitan utk pulang.
Sesampai Di Rumah, Hatiku tampak gelisah, Dan Mlmnya, Selepas shalat Isya' Skitar Pukul 11 Mlm, Di atas sajadah, Aku memikirkn ap yg dikatakan Adik Kwn ku...
25 tahun hingga skrg, kalau kiamat dtg 100 tahun lg, 125 tahun disiksa, atau bahagia dikubur....
Lalu Aku menunduk... Tnpa sadar Meneteskan air mata..

Kalau Aku meninggal Lalu bnyk dosanya, lalu kiamat msh 1000 tahun lagi, brarti Aku akn disiksa 1000 tahun..

Innalillaahi WA inna ilaihi rooji'un.... Air mataku smkin Mnghujan, sanggupkah Aku selama itu disiksa? Iya kalau kiamat 1000 tahun kedepan, kalau 2000 tahun lagi? Klo 3000 tahun lagi? Selama itu Aku akan disiksa dikubur. Lalu setelah dikubur? Bukankah Akan lebih parah lag!i!
Tahankah? padahal melihat adegan preman dipukuli ditelevisi Aku sudah ga tahan?

Ya Allah... Aku smkin menunduk, tanganku terangkat keatas, bahuku naik turun tak teratur, air mataku smkin membanjiri Hingga Bibirku...
Allahumma as aluka khusnul khootimah.. berulang Kali Kubaca DOA itu hingga suaraku serak... Dan Aku berhenti sejenak ketika terdengar batuk Ibuku yg sdg sakit.

Ya Allah, Cerita ap lagi ini? Sngguh brsukur Hamba ats ilham2MU.. betapa Aku sangat brterima kasih Atas Cerita Duniaku Lewat Perantara Yani... Kerana Gadis sekecil itu tlh menyadarknku arti sbuah khidupan... Dan apa yg akan dtg didepan..
"Yaa Allah, letakkanlah dunia ditanganku, jangan KAU letakkan dihatiku, Amin... Amin... Amin..."

Bila ini bermanfaat, silahkan sebarkan, "Sebarkanlah walau hanya 1 ayat"

Allahummarham ummta Muhammad. saw.

wassalaamu'alaykum wrh wbh.

No comments: